Hudzaifah bin Al Yaman Radhiallahu ‘Anhu
عن حذيفة قال: القلوب أربعة: قلب أغلف فذلك قلب الكافر، وقلب مصفح فذلك قلب المنافق، وقلب أجرد فيه سراج يزهر فذاك قلب المؤمن، وقلب فيه نفاق وإيمان. فمثل الإيمان كمثل شجرة يمدها ماء طيب، ومثل النفاق مثل القرحة يمدها قيح ودم، فأيهما غلب عليه غلب.
Dari Hudzaifah bin Al Yaman Radhiallahu ‘Anhu, dia berkata: “Hati itu ada empat macam: 1. Hati yang tertutup, itulah hati orang kafir. 2. Hati yang berwajah dua, itulah hati orang munafiq. 3. Hati yang bersih yang di dalamnya terdapat cahaya, itulah hati orang beriman. 4. Hati yang di dalamnya terdapat kemunafikan dan iman sekaligus. Maka, iman itu perumpamaannya seperti pohon yang disirami air yang baik, sedangkan kemunafikan perumpamaannya seperti bisul yang disirami nanah dan darah. Mana saja di antara dua ini yang dominan, maka itulah yang menang. (Imam Abdulah bin Al Mubarak, Az Zuhd war Raqaaiq, No. 1439, Imam Abu Nu’aim, Hilyatul Auliya, 1/276, Imam Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 30404)
Ummul Mu’minin, ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha
عن عباس بن ذريح قال: كتبت عائشة إلى معاوية رضي الله عنهما: «أنه من يعمل بمعاصي الله يصير حامده من الناس ذاما»
Dari ‘Abbas bin Dzarih, katanya: ‘Aisyah menulis kepada Mu’awiyah Radhiallahu ‘Anhuma: “Sesungguhnya, siapa yang melaksanakan maksiat kepada Allah, hendaknya dia jadikan pujian manusia kepadanya adalah celaan.” (Imam Abdullah bin Al Mubarak, Az Zuhd war Raqaa-iq, No. 200, Imam Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 30637, Imam Al Humaidi, Musnad No. 268. Al Bushiri berkata: para perawinya tsiqaat. Lihat Ittihaaf Al Khairah, No. 7125)
Imam Muhammad bin Idris Asy Syafi’i Rahimahullah
وقال الشافعي رحمه الله:
شكوت إلى وكيع سوء حفظي ... فأرشدني إلى ترك المعاصي
وقال اعلم بأن العلم فضل ... وفضل الله لا يؤتاه عاصي
Berkata Asy Syafi’i Rahimahullah:
Aku keluhkan kepada Waki’ tentang buruknya hapalanku, Beliau membimbingku untuk meninggalkan maksiat-maksiat. Beliau berkata: “Ketahuilah, sesungguhnya ilmu adalah karunia, dan karunia Allah tidaklah diberikan kepada orang yang bermaksiat.” (Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah, Ad Daa’u wad Dawaa’, Hal. 52)
- Farid Nu'man Hasan -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar